Harganas Ke-27 ditandai dengan dentuman Meriam Karbit

Harganas Ke-27 ditandai dengan dentuman Meriam Karbit
Harganas Ke-27 ditandai dengan dentuman Meriam Karbit

Dalam peringatan Harganas secara nasional, BKKBN Kalbar juga melaksanakan berbagai kegiatan. Kegiatan itu seperti senam bersama, launching baleho Harganas dengan diiringi dentuman meriam bambu, penyerahan SK pensiun bagi PKB, peresmian Pojok Kependudukan dan berbagai kegiatan lomba-lomba di Interen BKKBN Provinsi Kalimantan Barat.

Pelayanan KB sejuta akseptor akan menyemarakkan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke -27 yang jatuh pada 29 Juni  2020. Khusus kegiatan KB sejuta akseptor akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Kabupaten Kota.

“Harganas ke 27 akan di pusatkan di Padang Sumatera Barat. Namun karena kondisi pendemi Covid-19 saat ini sehingga Harganas dipindahkan ke Jakarta”, papar Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) provinsi Kalimantan Barat, Tenny Calvenny Soriton sesuai melaunching Harganas provinsi Kalbar, di pintu masuk halaman Kantor BKKBN Kalbar, Jumat (12/6/2020).

Harganas Ke-27 diawali dengan kegiatan senam berasam
Harganas Ke-27 diawali dengan kegiatan senam berasam

Selanjutnya, ia juga menuturkan bahwa kegiatan yang ada di provinsi Kalbar akan dilaksanakan di kantor perwakilan BKKBN dengan beberapa rangkaian. Tenny Calvenny kembali mengatakan bahwa selain ada kegiatan seminar, kegiatan dari remaja ,juga ada kegiatan unggulan yaitu pelayanan KB sejuta akseptor.

Pada pelayanan KB sejuta akseptor ini akan ditempatkan dibeberapa titik yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Kalbar dikarenakan BKKBN juga memperhatikan protokol kesehatan. Dengan disebarkan nya beberapa titik tersebut Tenny berharap agar tidak terjadi penumpukan massa. “Untuk yang pil, mereka jemput bola, mereka datang sesuai data yang ada,membawa pil kepada peserta Kb untuk menyerahkan pil atau kondom,” terang Tenny.

Kegiatan ini serempak secara nasional diselenggarakan pelayan KB sejuta akseptor ada pembagian-pembagian secara rutin ada juga pelayanan KB paska keguguran dan paska melahirkan.

Ia mengharapkan fasilitas kesehatan dan rumah sakit,dan rawat inap persalinan dapat memotivasi para wanita yang baru melahirkan untuk dapat menggunakan kontrasepsi ,mininal pil sebelum pulang kerumah. “Semua gratis seratus persen, jadi pelayan ini tidak ada dipungut biaya seratus rupiah pun,” tegas Tenny.

Sementara untuk peringatan Harganas KB XXVII tingkat provinsi, yang juga sedianya akan diselenggara di Kota Singkawang. Namun karena masih dalam masa pamdemi COVID-19. Maka kegiatan ini dialihkan di Kabupaten Kubu Raya.

“Harganas tingkat provinsi Kalbar ini akan kami laksanakan pada tanggal 29 Juni 2020 dan dipusatkan di Kabupaten Kubu Raya. Namun peringatan Harganas ini juga dilaksanakan disetiap kabupaten/kota se-Kalbar secara serentak. Kegiatan akan diisi dengan seminar, kegiatan generasi remaja dan kegiatan pelayanan KB kepada sejuta aseptor secara gratis,” pungkasnya.

 

 

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *