Slogan S3P dan Gerakan 4R BKKBN

No comment 1373 views

12346324_10205705677745532_5348288666663778691_n(Pontianak, 7 Desember 2015) Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan wawasan terkait tata naskah dan surat menyurat bagi pegawainya, maka hari ini tanggal 7 Desember 2015 Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat mengundang Biro Umum BKKBN Pusat untuk menyampaikan refrat terkait Keprotokoleran dan Tata Naskah Surat Menyurat. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kencana Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat ini, di ikuti oleh seluruh pegawai Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat.

Pada Kesempatan ini, Ibu Bayu Andika selaku Kabag Rumah Tangga dan Protokol berkesempatan menyampaikan materi terkait pelaksanaan, pelayanan rumah tangga, keamanan lingkungan dan keprotokoleran. Dalam pelaksanaan pelayanan rumah tangga, keamanan lingkungan dan keprotokoleran BKKBN mempunyai slogan S3P yaitu Senyum, Salam, Sapa dan Tindak. Senyum digunakan untuk menerima tamu, karena dengan senyum tamu akan merasa dihargai dan dihormati. Salam yang dimaksud disini adalah memberi ucapan salam yang bersifat umum kepada tamu, perlakukan tamu dengan sebaik-baiknya. Sapa, pegawai wajib menyapa tamu sebelum disapa, tanya keperluan tamu yang datang dengan sopan, kemudian menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan tamu kepada yang dituju oleh tamu. Adapun Tindak merupakan tindakan memberikan layanan kepada para tamu sesuai keperluannya. S3P diharapkan bukan hanya sebagai slogan yang manis dibibir, tetapi harus dapat diterapkan dalam memberikan pelayanan publik agar BKKBN dapat menjadi lembaga non kementrian yang mampu memberikan pelayanan prima dalam pelaksanaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Selain menyampaikan slogan S3P yang dianut BKKBN dalam usaha memberikan pelayanan prima pada publik, Kabag Rumah Tangga dan Protokol BKKBN juga menyampaikan Gerakan 4R yang diusung oleh BKKBN dalam pelaksanaan, pelayanan rumah tangga, keamanan lingkungan dan keprotokoleran. Gerakan 4R tersebut adalah Gerakan Ringkas, Rapi, Resik dan Rawat. Ringkas adalah gerakan untuk memilah barang-barang yang hanya diperlukan dalam bekerja dan menyingkirkan barang yang tidak layak pakai/rusak berat dengan melaporkan ke Biro Umum dan atau Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi untuk dihapuskan. Rapi adalah gerakan untuk menata tata letak sarana/peralatan/perlengkapan kerja dengan rapi dan teratur sehingga memudahkan untuk mencari dan menemukan peralatan perkantoran yang dibutuhkan pada tempatnya. Resik yaitu gerakan untuk bersih di tempat kerja, termasuk bersih setelah makan di ruang kerja dan menjaga kebersihan toilet serta membuang tissue dan pembalut wanita pada tempatnya. Adapun R yang terakhir adalah Rawat. Rawat adalah gerakan bersama untuk saling menjaga kebersihan lingkungan, dengan saling merawat perlengkapan, sarana dan prasarana yang tersedia di kantor.

Mengingat pentingnya penerapan S3P dan Gerakan 4R dalam memberikan pelayanan prima, maka harapannya setelah mendapatkan sosialisasi materi tersebut diatas, semua pegawai Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat diharapkan mampu untuk menerapkan S3P dan Gerakan 4R dalam kehidupan sehari-hari terutama saat menjalankan tugas kedinasan. (rien)