SENAM TIGA GENERASI

No comment 786 views

Jum’at, 10 April 2015 Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan Kodam XII/Tanjungpura dan Dharma Pertiwi Daerah L Kalimantan Barat, menyelenggarakan kegiatan Senam 3 Generasi dan Kampanye Genre serta Pelayanan Keluarga Berencana dalam Rangka Program Serbuan Teretorial Kodam XII Tanjungpura di lapangan Upacara Makodam XII/Tpr Jl. Arteri Ali Anyang No. 1 Kubu Raya.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pegawai Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Pegawai Kodam XII/Tpr, anggota dan pengurus Dharma Pertiwi Daerah L Kalimantan Barat, remaja yang tergabung dalam Forum PIK Remaja Kalbar Asmara Khatulistiwa, anggota IPKB dan beberapa tamu undangan dari sektor terkait.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Toto R. Soedjiman dan Plt. Kepala BKKBN RI Ir. Ambar Rahayu, MNS berkesempatan hadir dan membuka secara resmi kegiatan Program Serbuan Teretorial, yang sebelumnya diawali terlebih dahulu dengan Senam 3 Generasi yang diikuti oleh seluruh peserta yang berasal dari tiga generasi yaitu remaja, dewasa dan lansia. Senam 3 Generasi merupakan senam yang diprakarsai oleh BKKBN dalam rangka mensosialisasikan program pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Dalam sambutannya Ibu Plt. Kepala BKKBN RI menyatakan bahwa fokus program BKKBN saat ini adalah program yang terkait dengan pedekatan siklus hidup manusia, yang dimulai dari masa kehamilan, masa kelahiran, balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga masa lansia. Program tersebut dijabarkan oleh BKKBN melalui kegiatan Tribina yaitu Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL).

Lebih lanjut Ambar menyatakan bahwa, tujuan BKKBN mengembangkan Bina Keluarga Balita (BKB) adalah untuk memberikan panduan kepada orang tua agar mempunyai keterampilan dan kemampuan dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak secara sempurna dan seimbang. Adapun Bina Keluarga Remaja (BKR) yang diperuntukkan kepada keluarga yang mempunyai anak remaja, agar dapat membina dan menyiapkan anaknya menjadi remaja yang mampu melewati lima transisi kehidupannya yaitu melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, memulai kehidupan berkeluarga, menjadi anggota masyarakat dan mempraktikan hidup sehat. Bila telah memasuki masa pra lansia maka keluarga perlu menyiapkan pra lansia tersebut agar menjadi lansia yang sehat, aktif, mandiri, dan produktif sehingga mereka menjadi lansia tangguh. Pembinaan kepada lansia dan keluarganya, dilaksanakan melalui kelompok kegiatan Bina Keluarga Lansia (BKL).

Sebelum mengakhiri sambutannya Ibu Plt. Kepala BKKBN RI mengingatkan kembali tentang pentingnya mitra dalam mensukseskan Program KKBPK. Oleh karena itu BKKBN berharap TNI menjadi garda depan dalam membantu BKKBN dalam sosialisasi, promosi serta operasionalisasi Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

Selain Senam 3 Generasi, pada kesempatan ini berlangsung pengukuhan PIK Remaja Kalbar Asmara Khatulistiwa, dengan ditandai pemasangan selendang, penyematan pin dan penandatanganan prasasti oleh Plt. Kepala BKKBN RI Ir. Ambar Rahayu, MNS, dan juga kegiatan Pelayanan Keluarga Berencana oleh Tim Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat. (rien)