Peran Pengasuh Ayah dalam Rangka Menjadi Orang Tua Hebat

sumber: Pontianak Tribune

Sambas – Rangkaian Hari Keluarga Nasional Tingkat Provinsi, BKKBN Perwakilan Provinsi Kalbar berkerjasama dengan TP PKK Provinsi Kalbar dalam seminar yang digelar di Aula DPRD Sambas pada sabtu 3/7/2019 yang mengusung tema “Peran Pengasuh Ayah dalam Rangka Menjadi Orang Tua Hebat” yang secara resmi dibuka oleh Ketua TP Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Ibu Lismaryani Sutarmidji.

Dalam hal pengasuhan anak, BKKBN yang dalam hal ini Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) Badan Kependudukan dan Keluarga Bernecana (BKKBN) Provinsi Kalimantan Barat Ir. Aulia Arfiansyah Arief mengakuai, ayah memang tidak banyak ngomong, tetapi jika sudah negomong ayah menjadi perhatian bagi keluarga. Menjadi ayah yang baik harus berperan dalam pembangunan fisik dan mental anak-anak, karena cara marah ayah akan berbeda dengan Ibu-ibu.

Seminar tentang Peran Pengasuhan Ayah Dalam Rangka Menjadi Orang Tua Hebat, Aulia mengakui peran ayah selama ini memang dilupakan , tetapi dalam seminar ini juga tidak melupakan peran ibu. Jika adan peranting ayah dan peranting ibu bukan ingin menafikkan ibu atau menghilangkan peran ibu.

Selama ini peran ibu sangat besar, dan dalam seminar ini peran ibu didorong untuk terus dinaikkan agan levelnya sama dengan ayah, sementara dengan dilibatkannya dalam pengasuhan anak peran ayah akan membentuk anak menjadi pemberani, cerdas serta mempu memecahkan masalah dengan mudah.

“Kalau anak diasuh ayah pasti celemotan tetapi itu akan menunjukkan anak berani, sehingga seminar ini akan menaikkan level peran ayah dengan harapan ada kesetaraan antara peran ayah dna ibu dalam sebuah keluarga dan jangan menjadi ayah bisu dalam keluarga, tanpa komunikasi dengan keluarga di rumah tangga”, ujarnya.