FASILITASI PENYUSUNAN PROYEKSI PENDUDUK PROVINSI & SOSIALISASI DAN DISEMINASI KEBIJAKAN PERENCANAAN

 

Kegiatan “Fasilitasi Penyusunan Proyeksi Penduduk Provinsi” bagi tenaga pengelola program dilakukan untuk membekali tenaga program dengan pemahaman mengenai Program Spectrum. Program Spectrum merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan penetapan parameter penduduk, penyusunan profil penduduk, dan pembuatan proyeksi penduduk. Tenaga program yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi dan para Kepala Subbidang Penetapan Parameter Kependudukan Perwakilan BKKBN Provinsi.

Kegiatan fasilitasi dilaksanakan selama empat hari pada tanggal 1-4 November 2011 di Hotel Horizon Bekasi oleh Direktorat Perencanaan Pengendalian Penduduk BKKBN. Materi utama yang diajarkan dalam kegiatan ini adalah Program Spectrum yang merupakan aplikasi untuk memudahkan membuat proyeksi penduduk. Ada 9 modul dalam program tersebut, namun yang diajarkan dalam kesempatan ini hanya dua modul yakni DemProj dan FamPlan. Hal ini karena waktu yang sangat terbatas dan hanya memungkinkan untuk mempraktekkan dua modul tersebut.

Ada satu permasalahan yang dihadapi, yakni hasil Sensus Penduduk 2010 baru dipublikasikan secara resmi pada tanggal 1 November 2011, sehingga pelatihan menggunakan data sementara. Dalam kegiatan ini dicapai kesepakatan bahwa materi tentang kependudukan secara umum akan disajikan dalam setiap paket pelatihan yang diselenggarakan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Hal ini bertujuan untuk menyosialisasikan masalah kependudukan, khususnya di Provinsi Kalimantan Barat.

Pada tanggal 30 November – 3 Desember 2011 dilakukan kegiatan “Sosialisasi dan Diseminasi Kebijakan Perencanaan Pengendalian Penduduk di Indonesia” sebagai tindak lanjut dari kegiatan “Fasilitasi Penyusunan Proyeksi Penduduk Provinsi” yang dilaksanakan pada tanggal 1-4 November 2011 di Hotel Horison Bekasi. Kegiatan ini dirasa perlu untuk diselenggarakan guna meningkatkan wawasan dan keterampilan analisis pengelola program terkait dengan penyusunan profil dan proyeksi penduduk, khususnya dalam:

  • Menentukan asumsi proyeksi penduduk.
  • Menampilkan, membaca, dan mengartikan hasil proyeksi penduduk melalui Spectrum.

Berhubung kegiatan ini lebih bersifat teknis, maka yang dijadikan peserta adalah para Kepala Subbidang Penetapan Parameter Kependudukan Perwakilan BKKBN Provinsi. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Ibis Kemayoran oleh Direktorat Perencanaan Pengendalian Penduduk BKKBN bekerjasama dengan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LDFE-UI).