BKKBN Lakukan Pelayanan KB Daerah Aliran Sungai

Badan kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Kalimantan Barat kembali mengadakan pelayanan KB di Daerah Aliran Sungai (DAS). Kali ini merupakan tahun ke empat BKKBN Kalbar mengadakan layanan diderah aliran Sungai Kapuas.

Pelayanan akan dilangsungkan hingga Kapuas Hulu hingga beberapa hari kedepan.

Star dimulai dari Dermaga Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar di Jalan Adisucipto, Kubu Raya akan singgah di beberapa titik hingga Kapuas Hulu, Senin (28/10/2019).

Lima kabupaten yang akan disinggahi adalah, Kubu Raya, Sanggau, Sekadau, Sintang dan Kapuas Hulu. Pelayan KB DAS ini untuk menjangkau masyarakat yang ada di tepian sungai, agar mendapatkan layanan KB.

Pelepasan pelayanan KB Daerah Aliran Sungai bersama mitra yang ke empat kalinya, dari Kubu Raya menuju Kapuas Hulu dilepas Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, di Dermaga Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat, Senin (28/10). Diperjalanannya itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalbar memberikan pelayanan kesehatan gratis ditiap titik DAS yang sudah ditentukan.

“Apa yang dilakukan BKKBN Kalbar ini merupakan terobosan dan patut ditiru. Saya selaku Bupati Kubu Raya begitu mendukung kegiatan ini,” terang Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan usai melepas rombongan tim ekspedisi MKJP Kapuas IV.

Selain pelayanan MKJP dari BKKBN Kalbar. Kawan-kawan dari TNI Polri juga ikut bersama dalam kegiatan ini. Di sana mereka nanti juga memberikan sosialisasi sesuai tupoksi masing-masing.

Dia menyadari, peningkatan penduduk khususnya di Kubu Raya begitu cepat. Bahkan dalam setahun bisa ribuan rumah terbangun. Itu belum ditambah persoalan nikah muda. Menurut dia apa yang dilakukan BKKBN ini merupakan upaya pengentasan persoalan kependudukan.

Dia sudah membayangkan. Betapa bahagianya warga yang tinggal di Daerah Aliran Sungai ketika kapal pelayanan ini datang dan memberikan berbagai pelayanan kesehatan gratis. Menurutnya kegiatan seperti ini bisa dilakukan berkali-kali.

Di tempat sama Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana mengatakan ekspedisi MKJP Kapuas yang dilakukan ini masuk tahun ke empat. “Program ini sebagai bentuk nawacita dan BKKBN mencoba menghadirkan negara di masyarakat,” katanya.

Inisiasi kegiatan ini sebenarnya berawal dari sulitnya memberikan pelayanan pada masyarakat yang tinggal ditepian sungai. Melihat hal tersebut, BKKBN pun berinisiatif melakukan pelayanan dengan sasaran masyarakat yang tinggal ditepian sungai.

Dia menyadari, apa yang dilakukan ini baru bisa setaun sekali. Itu karena anggaran yang masih minim. Namun dalam kegiatan ini sebisa mungkin BKKBN maksimalkan. Caranya dengan menggandeng TNI Polri dan beberapa lembaga lain di ekspedisi ini. “Mereka nanti juga ikus mensosialisasikan sesuai tupoksinya. Seperti pemberian penyuluhan kesatuan kebangsaan berwawasan nusantara dan kesehatan. Semua kita berikan buat saudara kita di daerah aliran sungai,” tandasnya. (iza appost)