Ajang pemilihan Duta Genre, Kalimantan Barat Tahun 2019

Sebanyak 24 remaja yang tergabung dalam Ajang Pemilihan Duta Genre Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019 ini mewakili 14 Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Barat berlangsung tanggal 26 Juni 2019 di Auditorim Kampus Muhammadiyah Kalimantan Barat.

Berbagai pembekalan telah diberikan kepada 12 pasang putra dan putri yang tergabung dalam perhelatan tahunan ini, “Diawali dengan sosialisasi seperti berkunjung di TVRI, media sosial mereka sendiri. Setelah pembukaan para peserta akan mengikuti serangkaiam kegiatan seperti mengunjungi panti jompo, kemudian mengunjungi Kampung KB,”

Pembekalan yang dititik beratkan kepada delapan fungsi keluarga, karena 8 Fungsi keluarga merupakan landasan untuk memberikan kebahagiaan dan kesejahteraan dalam berumah tangga.

Para Duta Genre dari setiap kabupaten kota ini adalah agen yang diharapkan menepis bahwa anak remaja tidak menghargai orangtua.

Sementara di Kampung KB, mereka diajarkan untuk melihat persoalan keluarga secara utuh. Persoalan keluarga semuanya ada di Kampung KB, kalau Kampung KB ini digerakan oleh anak-anak dan remaja maka diharapkan semua program yang ada berjalan lancar.

Setiap tahunnya dalam pemilihan Duta Genre ada perubahan sistem pembinaan sesuai dengan target yang akan dicapai, kali ini adalah menuju Program Prioritas Nasional (Pro P-N) maka ada target yang harus dicapai sesuai garis-garis yang ada di Pro PN.

Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana menyampaikan pemilihan Duta Genre Kalbar kali ini dengan tema Bergerak, Berdaya, Berkolaborasi Dalam Karya

Mereka yang berkompetisi pada ajang Duta Genre Kalbar ini telah dipilih ditingkat kabupaten kota. Sselain itu, setiap daerah mengirim pemenangnya yang terdiri satu pasang (perempuan dan laki-laki)

Sementara umur peserta yang megikuti seleksi saat di kabupaten kota berumur 16-22 tahun. Pemenang ditingkat Kalbar akan dikirim ke Nasional untuk mewakili Kalbar.

Duta Genre Kalbar pernah mencapai prestasi terbaik pada tahun 2017 lalu. Kala itu, Duta Genre Kalbar mampu meraih runner up 2 ditingkat nasional. (tribun.pontianak)